TELANG “SI BIRU” ANTI STRES

Bunga telang atau kembang telang (Clitoria ternatea) telah dipercaya sejak zaman dahulu sebagai obat herbal, untuk berbagai macam penyakit seperti obat mata, antidiuretik, batuk, melancarkan haid dan yang paling penarik adalah sebagai anti stres. Khasiat ini kemungkinan besar karean telang mengandung antioksidan dan vitamin C dan juga berbagai metabolit sekunder seperti fenol, delphirridin, triglucoside, alkaloid, flavonoid, saponin, sulfur, dan ca-oksalat.

Gambar 1. Bunga Telang

Telang merupakan Tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan, atau di tepi sawah. Dalam klasifikasi tumbuhan, telang termasuk anggota suku polong-polongan yang distribusinya tersebar di Asia. Warnanya biru yang dihasilkan dapat dimanfaatkan sebagai pewarna makanan maupun minuman. Cara membuat pewarna alami dari telang sangat mudah. Untuk pewarna makanan, telang didihkan dan diambil sarinya, lalu digunakan sebagai air campuran makanan.

Untuk membuat warna pada minuman, telang direbus hingga mendidih dan mengeluarkan warna biru. Setelah itu tambahkan gula secukupnya sesuai selera. Selain itu juga dapat ditambah dengan perasan jeruk nipis. Menarik sekali ketika air telang ditambah dengan perasan jeruk nipis, maka warna biru akan berubah menjadi warna merah muda, yang dapat menambah kesegaran minuman telang.

Gambar 2. Hasil olahan makanan dan minuman menggunakan ekstrak bunga Telang

 

Kontributor: Lisna Hidayati

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.